September 30, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

TERUS BERLANJUT, MENWA UNISMA KEMBALI LATIH SMP AR-ROHMAH MALANG

Setelah melaksanakan serbuan teritorial Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ke SMAN 4 Blitar. Satuan Resimen Mahasiswa 836/Macan Putih Universitas Islam Malang kembali lanjutkan serbuan teritorial ke SMP Ar Rohmah Dau Malang.

Kegiatan tersebut berlangsung dalam jangka panjang yakni selama 2 minggu, di mulai pada Senin tanggal 4 Juli – 8 Juli 2022 untuk minggu pertama dan 11 Juli – 18 Juli 2022 untuk minggu kedua.

Dengan 230 peserta didik yang terdiri dari 92 siswa SMP kelas 8 dan 98 siswa SMP kelas 9. Menwa unisma kembali ditunjuk untuk melanjutkan tren positif membangun karakter kedisiplinan siswa pasca libur panjang kenaikan kelas sekaligus memberikan edukasi dibidang wawasan kebangsaan, dan pembinaan pembentukan siswa khusus (Tim Disiplin Siswa Ar Rohmah).

Diawali dengan pemberian materi wawasan kebangsaan, wawasan organisasi, bahaya narkoba, penggunaan jaringan internet dan kejahatan cyber serta pelatihan lapangan PBB dasar di minggu pertama dan pelatihan PBB lapangan lanjutan, pembentukan tim khusus kedisiplinan Ar Rohmah, pelatihan tata upacara bendera serta pelaksanaan ton tangkas dan outbound di minggu kedua.

Menurut Moh Agung Hidayat selaku komandan satuan tugas serbuan teritorial, kegiatan ini akan terus berlanjut mengingat serbuan teritorial ini masuk dalam program kerja tahunan menwa Unisma dan sebagai sarana kolaborasi antara pihak Universitas khususnya UKM Menwa Unisma dengan masyarakat atau pelajar sebagai wujud bimbingan jaringan teritorial dan ajang membangun silaturahim dengan penyampaian materi pelatihan dan karakter.

Ditutup pada Senin 18 Juli 2022 upacara penutupan pelatihan karate dan penerimaan siswa baru Syarif Hidayatulah, M.Pd.I kepala sekolah SMP Ar Rohmah dalam amanatnya menyampaikan. Pelatihan karakter ini dilaksanakan untuk kembali menegaskan kepada siswa kelas 8 dan 9 bahwasannya masa liburan telah berakhir dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini siswa kembali adaptasi dengan lingkungan sekolah agar terwujud sikap disiplin dan tanggung jawab. Selain itu sebagai contoh atau tauladan untuk siswa kelas 7 sebagai pengenalan awal lingkungan sekolah tuturnya.

Selanjutnya, menwa Unisma Malang akan kembali melanjutkan serbuan teritorial ini ke SMPN 18 Malang dan salah satu SMA di Kota Trenggalek guna melaksanakan misi pengamalan tri dharma perguruan tinggi dan panca dharma satya sebagai mahasiswa yang berintelektual dan wujud bela negara sebagai resimen mahasiswa.