August 13, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Oshika maba

Informasi

Hal-hal Penting Seputar Kegiatan Mahasiswa Baru Universitas Islam Malang Tahun Akademik 2021/2022

 

Apa saja Kegiatan Penyambutan Mahasiswa baru yang ada di Universitas Islam Malang Tahun Akademik 2021/2022?

Kegiatan penyambutan mahasiswa baru di Universitas Islam Malang, meliputi:

OSHIKA MABA

Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru disingkat OSHIKA MABA ini merupakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus Universitas Islam Malang, yang dimaksudkan untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru terhadap proses akademik, budaya akademik, dan kegiatan organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi.

HALAQOH DINIYAH

Halaqoh Diniyah bertujuan memberikan nilai-nilai dasar dan bekal awal di bidang keagamaan. Nilai-nilai dasar dan bekal awal yang dimaksud adalah berupa pengenalan nilai-nilai keagamaan, tradisi, budaya keagamaan dan cek kemampuan membaca Al-Qur’an bagi mahasiswa baru Universitas Islam Malang.

MASTER MABA

Masa Transformasi dan Pengembangan Karakter bagi Mahasiswa Baru (MASTER MABA) merupakan praktik pembiasaan karakter positif mahasiswa secara terus menerus  yang dimaksudkan untuk melakukan penanaman karakter positif baik yang bersifat karakter ilmiah, karakter Islami maupun pembuktian dan penumbuh-kembangan bakat minat untuk membentuk para juara.

 

Kapan waktu pelaksanaan tiga kegiatan tersebut?

Tiga kegiatan penyambutan mahasiswa baru tersebut dilakukan pada saat proses Herregistrasi (Daftar ulang) berakhir, tepatnya pada bulan September 2021. Adapun tanggal pelaksanaannya akan diinformasikan lebih lanjut.

 

Bagaimana tenis dan ketentuan tiga kegiatan tersebut?

Adapun mengenai teknis dan ketentuan pelaksanaan berbagai macam kegiatan penyambutan mahasiswa baru tersebut diselenggarakan secara DARING, dan akan diinformasikan lebih lanjut, melalui website ini.

 

Bagaimana caranya, agar saya sebagai calon mahasiswa baru bisa mengetahui informasi lengkap kegiatan penyambutan mahasiswqa baru?

Silakan Update dan kunjungi secara berkala melalui website resmi: www.bakak.unisma.ac.id. Yang perlu diperhatikan, Saudara harus HATI-HATI TERHADAP INFORMASI DAN PENUGASAN OLEH PIHAK-PIHAK LAIN YANG MENGATASNAMAKAN PANITIA KEGIATAN PENYAMBUTAN MABA UNISMA. UNISMA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS INFORMASI YANG DIBERIKAN DI LUAR WEBSITE RESMI UNISMA (WWW.BAKAK.UNISMA.AC.ID).

 

Apakah mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan ini?

Ya, benar. Jadi setiap mahasiswa baru Universitas Islam Malang Tahun Akademik 2021/2022, WAJIB mengikuti kegiatan OSHIKA MABA, HALAQOH DINIYAH, dan MASTER MABA. Yang penting lagi setiap mahasiswa baru harus mengikuti dengan disiplin dan dinyatakan LULUS.
Status LULUS dari OSHIKA MABA dan MASTER MABA menjadi syarat untuk dapat mendaftar menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan, mendaftar untuk mengajukan beasiswa, dan sebagai prasyarat memprogram matakuliah tugas akhir (skripsi).  Sedangkan status LULUS HALAQOH DINIYAH menjadi prasayarat untuk menempuh matakuliah Agama Islam 2.

 

Bagaimana, jika ada  mahasiswa baru yang TIDAK LULUS dari kegiatan ini?

Kalau ada mahasiswa baru yang TIDAK LULUS, maka diberikan kesempatan untuk mengulang pada kegiatan yang sama, di tahun berikutnya.