September 30, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Growoth Mindset Sebagai Pondasi Awal Guna Menggapai Cita-Cita

Growth Mindset merupakan bakat yang menonjol sejak kecil dan bisa di asah dengan cara melatih soft skill dan hard skill, tentunya dengan niat utama untuk mencapai great mindset yang menjadi bakat menonjol dalam diri peribadi. Akan tetapi hal ini yang menjadi faktor keperyaan setiap individu akan terus berkembang dari masa ke masa. Sehingga dalam hal ini setiap individu memiliki konsep, ataupun setrategi yang di lakukan atau track record untuk mencapainya.

Adapun grouth manset yang saya sadari dan menjadi kepercayaan dari sejak kecil hingga sekarang yaitu menjadi tenaga pendidik, khususnya guru bahasa inggris, sehingga dalam hal ini saya masih selalu berkomitment dalam menekuni bahasa khususnya bahasa inggris. Sebagaimana yang pernah di katakan oleh pepatah yaitu buku menjadi faktor utama sebagi jendela dunia dan bahsa menjadi kunci utama untuk mengenal dunia lebih luas karena dengan bahasa kita mampu berkomunikasi dengan masyarakat internasional yang melampaui batas lintas negara. Sehingga dalam hal inibahasa inggris menjadi tonggak utama grouth meandset saya dari sejak kecil hingga saat ini.

Tentunya hal ini hanya akan menjadi sebuah hayalan tanpa adanya sebuah perjuangan. Dalam perjuangan yang pernah saya alami sehingga menjadi pengalaman yang begitu berharga. Pepatah inggris juga pernah berkata “experience is the best teacher”. Dengan berbagai macam pengalaman yang pernah di lalui sehingga ini menjadi penentu masa depan yatu baik atau buruk masa depan yang akan di hadapai.  Adapun pengalaman yang pernah di alami selama ini yaitu dengan mendapatkan beasiswa atas dasar niat dan percaya diri yang kuat untk mencapai cita cita. Shingga dalam mindset saya tertanam dengan kuat dan matang “teruslah mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang baru dan selalu mengupgrade kualitas keperibadian setiap harinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk mengembangkan Growoth Mindset saya, saya selalu menekuni bidang bahasa inggris dari sejak kecil sampai jalur keakademikan yang berjalan dengan linier. Adapun langkah-langkah yang di alami untuk mencapai semua itu dengan cara mengikuti pembelajaran non-formal (kursus) dalam bidang Bahasa Inggris di kampung inggris Pare. Selain itu juga dalam pendidikan formal di perguruan tinggi dengan mengabil jurusan program studi pendidikan bahasa inggris di Universitas Islam Malang. Semua hal ini takkan pernah terwujud tanpa adanya sebuah perjuangan, tentunya dengan selalu belajar tekun dan selalu terus berusaha mengembangkan Growth Mindset sebagai pondasi awal untuk meraih cita-cita yang di harapkan.

(Hamdani Rozak)