September 30, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Pengalaman menjadi mahasiswa baru di kegiatan Ospek

Hai teman teman, perkenalkan nama saya Auladia Isnaini Inwar dari jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam angkatan 2021 atau sedang menjalani masa studi pada akhir semester 1 menuju semester 2. Yaps disini saya masih termasuk angkatan corona level 2, dimana sebagian besar pembelajaran kuliah dilakukan secara daring atau online. Disini saya mau berbagi sedikit cerita pengalaman saya berkuliah di Universitas Islam Malang. Emm jadi gini saya terbilang masih maba atau mahasiswa baru, jadi saya mau sedikit cerita tentang pengalaman saya waktu menjalani ospek.

Pada bulan September tahun 2021, pada saat itulah saya menjadi seorang mahasiswa. Pada hari itu tepat tanggal 5 September 2021. Dan saat itu yang ada di pikiran saya campur aduk tidak karuan karena jiwa SMA yang masih menempel dan mungkin masih tidak percaya bahwa saya sudah menjadi seorang mahasiswa yang  sesungguhnya. Hari pertama ospek, tepat pukul 07.00 kegiatan dimulai. Ospek dilakukan secara daring atau online dan luring bagi mahasiswa perwakilan dari masing-masing fakultas atau mahasiswa yang rumahnya dekat dengan Kampus.

Hari pertama Ospek sudah dibumbui berbagai jenis tugas yang harus diselesaikan hari itu juga dan dikumpulkan melalui web daring unisma. Waktu itu saya ingat dihari pertama ospek, tugas yang diberikan harus dikumpulkan melalui daring unisma yang dimana mahasiswa baru akan mengakses web daring tersebut secara bersamaan dan alhasil web tersebut menjadi eror. Disitulah perjungan saya untuk bisa mengumpulkan tugas sampai menunggu tengah malam demi bisa mengakses web daring tersebut. Ya karena masih mahasiswa baru jadi disitu saya agak sedikit panik jikalau saya telat mengumpulkan. Hari pertama, kedua sampai hari ketiga ospek saya laksanakan. Mulai dari harus bangun pagi, sampai tidur tengah malam. Tapi tidak apa, itu awal mula perjuangan saya demi mengemban ilmu. Yahh namanya juga mau menuntun ilmu jadi harus berjuang.

Disini saya yang masih memiliki jiwa anak SMA menjadi sangat teruji dengan yahh seperti ini namanya dunia perkuliahan. Bayangan saya dulu kuliah itu seperti pada cerita-cerita sinetron tv, memang benar ekspetasi tidak semuanya seperti kenyataan. Di kegiatan ini saya mengambil banyak hikma dan manfaat, mulai dari harus sabar menunggu web yang eror sampai mengambil hikma bahwa tidak semua yang kita bayangkan itu sesuai dengan kenyataan, karena kita bisa berencana tapi allah yang menentukan. Sebagai seorang mahasiswa baru saya sedikit kaget dengan dunia perkuliahan yang semua harus serba mandiri, disini saya tau bahwa saya di tuntut untuk bisa mandiri dan bisa mendewasakan diri.

Cukup sekian cerita yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya dan bisa mengambil hikma dari cerita saya. Terima kasih sampai berjumpa lagi dengan cerita saya berikutnya.

 

Auladia Isnaini inwar

Mahasiswa Prodi Biologi Universitas Islam Malang