KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Tim PKM-RE UNISMA dengan Tema Scale Up Komposisi Telur Ayam Melalui Rekayasa Pakan Berbasis Sardina Unsaturated Oil Terproteksi Jus Daun Pandan

Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang (Unisma) mendapatkan pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tim ini mengangkat tema penelitian “Scale Up Komposisi Telur Ayam Melalui Rekayasa Pakan Berbasis Sardina Unsaturated Oil Terproteksi Jus Daun Pandan”.

Tim PKM-RE Unisma Malang yang diketuai oleh Alta Alyudin Tama, mahasiswa Fakultas Peternakan angkatan 2022 dan anggotanya yaitu dari Prodi Peternakan angkatan 2022, Muhammad Alfin Rizqo Fadlil, Mohammad Osamma Hilmi Tsani dan Muhammad Tegar Iman Billah dari Prodi Peternakan angkatan 2022, dan Aqidatul Izzah Putri Naila dari Prodi Biologi  Angkatan 2023 di bawah bimbingan dosen pendamping Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP .

Alta menjelaskan, Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) dilaksanakan dengan melakukan pengamatan telur ayam menghasilkan produk telur fungsional omega 3,6 dan 9. Pada kesempatan ini, Tim PKM-RE Fakultas Peternakan mengangkat permasalahan dalam konsumsi telur ayam dalam jangka panjang dengan jumlah yang banyak adalah tingginya kadar kolesterol pada telur ayam. Kandungan asam lemak jenuh pada telur juga cukup tinggi. Hal ini dapat menjadi pemicu berbagai penyakit seperti atheroskleriosis, hipertensi, dan stroke.

“Kami melihat Kualitas telur dengan menggunakan bahan minyak lemuru dan ekstrak daun pandan, setelah membaca dan memahami berbagai literatur jurnal, akhirnya kami menemukan campuran bahan pakan seimbang yang menjadikan inovasi pakan untuk menjadi penelitian yang kami lakukan,” ungkap Alta Alyudin Tama Jum’at (10/5/2024).

Urgensi dalam riset ini yaitu untuk membuat pakan dengan memanfaatkan ekstrak daun pandan, dimana daun pandan sebagai antioksidan alami dalam ransum unggas sebagai pengganti antioksidan sintesis karena terdapat kandungan senyawa flavonoid dan tanin yang diduga sebagai antioksidan yang tinggi.

Alta menjelaskan bahwa tidak mudah untuk bisa lolos program pendanaan tersebut. “Tentunya atas kerja sama tim yang baik, dan peran Dosen pembimbing kita yang selalu peduli dengan proses pengajuan judul, serta ketelitian kami dalam setiap peraturan dalam penyusunan proposal memiliki dampak besar yang membuat PKM kami dapat didanai,” katanya

Tidak hanya itu, banyak tantangan dalam pengajuan judul, mulai dari penyesuaian dengan pedoman yang diberikan oleh pihak penyelenggara sampai memanajemen waktu hingga kerja sama tim di tahun 2023-2024.

“Alhamdulillah inovasi kami pada Tahun ini berhasil meraih pendanaan. Tentunya tidak lah mudah dalam mencapai hal tersebut karena dari sekitar 43 ribu judul proposal diajukan oleh mahasiswa seluruh Indonesia, hanya sekitar 3 ribu judul yang berhasil memperoleh pendanaan berdasarkan SK pengumuman pendanaan pada tanggal 19 April 2024,”

Selaku perwakilan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang, Alta berharap, penelitian ini dapat memberi dampak yang positif bagi lingkungan maupun bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP,Dosen Pendamping menegaskan akan ada reward bagi yang lolos pendanaan PKM 8 skema, yaitu bebas skripsi. Hal ini terus disosialisasikan kepada mahasiswa agar mahasiswa berlomba-lomba meraih kesempatan lolos PKM terutama PKM RE.

“Harapan saya sebagai dosen pembimbing yang jelas ingin mahasiswa saya lolos sampai Pimnas dan jadi pioner di Prodi Peternakan, yaitu penelitian yang menggunakan bahan daun pandan yang jarang di ketahui akan kemanfaatannya untuk di gunakan di dunia peternakan. Semoga nanti ada penelitian-penelitian sejenis, dan mendapatkan pendanaan dari Dikti,” ujarnya.