KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Tim PKM RE dari UNISMA Rekayasa Telur Tinggi Polyunsaturated Fatty Acid Melalui Rekayasa Biosisntesis Pakan Berbahan Minyak Lemuru Terpreoteksi Ekstrak Kayu Manis

Mahasiswa Universitas Islam Malang Fakultas Peternakan kembali meraih prestasi di tingkat Nasional melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tim ini mengusung tema penelitian “Rekayasa Telur Tinggi Polyunsaturated Fatty Acid Melalui Rekayasa Biosisntesis Pakan Berbahan Minyak Lemuru Terpreoteksi Ekstrak Kayu Manis” berhasil lolos pendanaan pada skema PKM-RE (Riset Eksakta)

Dalam pelaksanaannya, Syahrul Tri Saputra bekerjasama dengan 3 mahasiswa Fakultas Peternakan angkatan 2022 yaitu, Robby Andi Fauzi, M. Fimasy Hudillah, Achmad Faisol Arif dan Prodi Biologi Angkatan 2021 yaitu Lina Purnama Dewi di bawah bimbingan dosen pendamping Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP .

Syahrul menjelaskan, Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) dilaksanakan dengan melakukan pengamatan telur tinggi Polyunsaturated Fatty Acid. Pada kesempatan ini, Tim PKM-RE Fakultas Peternakan mengangkat masalah mengenai kualitas telur dengan menggunakan bahan pakan minyak lemuru dan ekstrak kayu manis.

“Kualitas telur masih sering menjadi perbincangan permasalahan, seperti kandungan kolestrol, berisiko diabetes dll, maka dengan menggunakan bahan minyak lemuru dan ekstrak kayu manis dapat menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas kandungan telur. Dari berbagai literatur jurnal, kami menemukan ransum unggas menggunakan bahan tersebut sebagai inovasi pakan yang cocok untuk menjadi penelitian yang kami lakukan,” ungkap Syahrul Tri Saputra Jum’at (10/5/2024).

Selain itu, pada ssat proses penyusunan proposal banyak melakukan diskusi dan konsultasi untuk menentukan hasil akhir dari penelitian ini “Meperbaiki kualitas telur yaitu dengan menggunakan pakan berbahan minyak lemuru dan ekstrak kayu manis, yang dimana kayu manis ini dapat berfungsi sebagai antioksidan alami dalam ransum unggas sebagai pengganti antioksidan sintesis karena terdapat kandungan senyawa flavonoid dan tanin yang diduga sebagai antioksidan.

Syahrul menjelaskan, menjadi salah satu perwakilan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang tentu tidak mudah, harapan kami ingin penelitian ini dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dan dampak yang positif bagi lingkungan maupun bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP,Dosen Pendamping menegaskan akan ada reward khusus bagi yang lolos pendanaan PKM 8 skema, yaitu mendapatkan ekuivalensi bebas skripsi. Hal ini terus disosialisasikan kepada mahasiswa agar mahasiswa berlomba-lomba meraih kesempatan lolos PKM terutama PKM RE.

“Harapan saya sebagai dosen pembimbing yang jelas ingin mahasiswa saya lolos sampai Pimnas dan jadi pioner di Prodi Peternakan, yaitu penelitian yang menggunakan bahan yang jarang di ketahui akan kemanfaatannya untuk di gunakan di dunia peternakan. Semoga nanti ada penelitian-penelitian sejenis, dan mendapatkan pendanaan dari Dikti,” ujarnya.