December 5, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Vira Dwi Septiani, mahasiswa semester 1 Universitas Islam Malang jurusan Teknik Sipil

Hai teman-teman, Nama saya Vira Dwi Septiani, mahasiswa semester 1 Universitas Islam Malang. Kampus yang akrab dengan nama sebutan Unisma, adalah dimana tempat saya akan menempuh pendidikan kuliah  selama 4 tahun ke depan. Dengan jurusan Teknik Sipil, saya mengenyam pendidikan disini. Karena aku angkatan 2021, tentu saja aku merupakan generasi kedua lulusan corona atau covid-19. Siapa sih disini yang gak kenal dengan covid. Wabah ynag satu ini tentu saja sangat meresahkan semua orang. Dan hamper setiap kalangan mendaptkan dampakyang cukup signifikan. Baik ekonomi, pariwisata maupun sector pendidikan terutama sangat terdampak dengan adanya wabah ini. Karena semenjak tahun 2020, atau lebih tepatnya saat awal mula covid-19 ada. Pemerintah langsung menetapkan atau memberlakukan beberapa upaya guna mencegah rantai covid-19. Tak terasa, sudah 2 tahun kita semua selalu dirumah saja. Menerapkan protocol kesehatan yang sudah diberlakukan pemerintah sejak awal covid-19 ada. Karena terkendala pandemic, semua pendidikan di Indonesia menerapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah saja, atau lebih kita kenal dengan pembelajaran daring. Kali ini, aku akan berbagi pengalamanku ketika aku beberapa kali beraktivitas atau dating ke kampus dengan beberapa kegiatan.

Pada bulan November tahun lalu, tepatnya pada tanggal 27 November 2021. Fakultas Teknik mengadakan suatu acara pertemuan. Dimana pertemuan ini di isi oleh kehadiran kita para mahasiswa baru teknik sipil. Pertemuan ini dinamakan dengan “Temu Akrab”, meskipun tidak semua mahasiswa yang hadir disini. Akan tetapi, saya sangat senang karena bisa bertemu dengan teman-teman teknik sipil lainnya. Acaranya sangat seru, dan gamesnya sangat menarik. Kegiatan berlangsung cukup keren menurutku. Karena tidak hanya mahasiswa baru dan panitia saja yang berkontribusi, tetapi Para Dosen Fakultas Teknik juga turut andil dengan kegiatan “Temu Akrab” ini. Selain dosen, ada juga Alumni Kampus yang datang. Mereka berbagi pengalaman bagaimana suka duka menjadi seorang mahasiswa Teknik Sipil di UNISMA. Dengan adanya kegiatan sharing-sharing bersama alumni ini, menurutku sangat bermanfaat. Karena tentunya, saya sebagai mahasiswa baru mendaptkan banyak motivasi serta pengalaman yang cukup banyak untuk menjalani 8 semester ke depan sebagai mahasiswa Teknik Sipil. Bahkan, tidak sedikit pula mereka berbagi pengalaman mereka bagaimana hingga bisa menjadi sukses seperti sekarang. Kuncinya adalah, ketika kita mendapatkan masalah atau kita rasa masalah yang sedang kita hadapi sangat berat, InsyaAllah Allah selalu ada untuk kita. Karna Allah SWT tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan makhluknya, Allah yakin kkita pasti bisa menghadapi ini semua. Itu adalah kegiatanku selama acara ketika berada di Malang dengan kegiatan yang diadakan oleh himaprodi.

Pesan sedikit untuk kalian yang membaca ini, tetap semangat menjalani hidup. Jangan lupa libatkan Allah SWT dalam kegiatan maupun hal apapun yang akan kita lakukan, niscaya Allah akan menerangi jalan yang kita tuju. Cukup sekian pengalaman yang bisa saya sampaikan, mungkin kita bisa bertemu dilain waktu. Dan sampai jumpa diceritaku selanjutnya teman teman, tetap semangat dan jangan lupa berdoa, serta 5 waktunya jangan sampai ketinggalan.