December 5, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

MENWA UNISMA IKUTI KURSUS BIMBINGAN TEKNOLOGI NASIONAL

Resimen mahasiswa 836 macan putih Universiatas Islam Malang mendelegasikan 2 orang yakni Dwi Nanda Purwanto dan Fachrurozi Ihamsyah untuk mengikuti Susbimteknas (Kursus Bimbingan Teknologi Nasional) Angkatan I Resimen Mahasiswa Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 18-22 April 2022, yang diadakan oleh Satmenwa Agni Yudha Universitas Teknologi Yogyakarta secara daring.

Subimteknas tahun ini diikuti 178 peserta dari berbagai perguruan tinggi se-indonesia diantaranya ada dari aceh,Kalimantan Selatan, Ambon, Nusa Tenggara Barat dll. Susbimteknas tidak semata-mata digelar begitu saja. Namun ada beberapa maksud dan tujuan yang harus dicapai oleh peserta melalui kursus ini.

Diantaranya, membentuk mental dan karakter yang kuat demi tercapainya harapan bangsa Indonesia, menumbuhkembangkan anggota Menwa yang berwawasan luas mengenai perkembangan teknologi, membina anggota Menwa agar mampu menjadi kader perjuangan pembangunan bangsa sesuai dengan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia, serta meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, dan persaudaraan segenap anggota Menwa se-Indonesia.

Adapun Berbagai materi -Materi pendidikan yang disampaikan di Susbimteknas diantaranya sejarah dan perjuangan Menwa, bela negara dibidang IPTEK, pengetahuan intelejensi, cyber forensic and investigation digital, kritografi dan steganografi, manajemen asset digital, UU informasi dan transaksi elektronik, manajemen media massa, geo politic and warfare, serta strategi kemananan siber nasional dan masih banyak lagi materi juga praktik lain yang  berguna untuk melatih dan menggali potensi dalam diri para peserta kursus.

” Besar harapan saya agar ilmu yang diperoleh nantinya melalui Susbimteknas ini dapat diaplikasikan dan dibagikan kepada rekan-rekan lainnya dilingkungan satuan 836/macan putih UNISMA, Tetap junjung tinggi ilmu pengetahuan, karena kita sebagai pelopor Resimen Pendidikan yang akan menjadi contoh untuk Seluruh mahasiswa dilingkungan kampus nantinya.ujar ”Komandan menwa Unisma”