December 5, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Alumni Prodi Bahasa Inggris Unisma Kembangkan Ngaji Bilingual Kitab Kuning

Pesantren dan kitab kuning adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Santri mempelajari materi dan literatur agama Islam dalam teks berbahasa Arab dikemudian dimaknai dalam bahasa Jawa.

Namun, tidak demikian di Pesantren Al Aqobah Jombang. Kajian kitab kuning di tempat ini dimodifikasi dengan menggunakan terjemah bahasa Inggris yang praktis dan mudah.

Hal inilah yang dikembangkan oleh Kanzul Fikri, Alumni Jurusan B.Inggris, FKIP, Unisma ketika mendampingi para Santri mengaji di bulan Ramadhan.

“Kita membiasakan penggunaan bahasa
Inggris ketika ngaji kitab kuning sebagai improvisasi sebuah metode. Alhamdulillah, anak anak senang dan merasa memdapat suasana baru” tutur alumni S1 B. Inggris 2011 ini.

Menurutnya, pengalaman ketika kuliah di Unisma membawa banyak hal positif terkait pengembangan manajemen pendidikan.

Hal ini terbukti banyak alumni B.Inggris FKIP Unisma yang telah mewarnai ranah pendidikan sesuai latar belakang masing-masing.

Prodi Bahasa Inggris FKIP Unisma terbukti mampu membekali para alumninya untuk menebar kemanfaatan ditengah-tengah masyarakat. Bukan hanya di bidang pendidikan, tetapi juga dibekali skill berorganisasi yang baik serta penanaman nilai-nilai Aswaja dalam kehidupan sehari-hari.

*Galeri Ngaji Bilingual ketika diliput media Tv Nasional. (12/4)