KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Pertahankan Prestasi!! Tim PPK UKM Kopma Ilham Ramadhan Unisma Malang kembali Lolos Pendanaan dari Belmawa Kemdikbudristek

UKM Koperasi Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang Kembali lagi sukses meraih prestasi gemilangnya yakni lolos mendapatkan pendanaan dari Belmawa  Kemdikbudristek pada Program Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa untuk Tahun 2024 . Prestasi ini sangat membanggakan seluruh pengurus UKM kopma, khususnya bagi tim PPK sendiri yang telah berjuang dalam mengerjakan proposal dengan sangat baik.

Pada tahun ini UKM koperasi Koperasi Mahasiswa Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang kembali mendelegasikan anggotanya yang berjumlah 10 orang yakni: Ketua tim Fitri Puji Rahayu (22201091023), Fakultas Ilmu Administrasi, Jurusan Administrasi Publik, 2022), dan untuk anggota yakni Nada Pricilia (22201082092), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, 2022), Wida Anggraini (22201082090), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, 2022), Juliana Anggraini (22201081294), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, 2022). Naufal Syaifullah (22201021129), Fakultas Hukum, Ilmu Hukum, 2022), Ilham Rizki Maulana (22201081216), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, 2022), Nini Judliani (22201082077), Fakutas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, 2022), Zhuliana Ilmi Fadlilah (22301092014), Fakultas Ilmu Administrasi, Administrasi Bisnis, 2023), Selia Dewi Khamimonikha (22101011074), Fakultas Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2021), Wulandari (22201082120), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen,  2022)

Mahasiswa tersebut dibantu dan dibimbing oleh pembina UKM Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Malang yakni ibu drh. Nurul Humaidah, M. Kes. Judul yang diambil adalah Ecosociopreneurship Melalui Graha Sembrani Gerakan Pengolahan Sampah Digital Sukoanyar Berani.

Menurut Fitri selaku ketua tim yang melatar belakangi dari adanya kegiatan kami di desa sukoanyar adalah karena adanya tumpukan sampah yang menggunung di daerah Sukoanyar oleh maka di pilihlah kegiatan ini untuk mengelola sampah di rumahnya masing-masing.

Program kami adalah lebih ke ecosociopreneurship yang mana di sini kami adalah mengembangkan bisnis berbasis teknologi dan sampah yang di olah menjadi suatu produk yaitu magot, dan pupuk organic.

Prestasi yang sangat membanggakan ini di raih dengan penuh perjuangan dengan melakukan survei pada tanggal 06 Maret 2024 ke desa sukoannyar yang dilakukan seluruh tim dan setelah itu  dan mengerjakan pembuatan proposal yang di kerjakan sama sama oleh seluruh tim. Setelah itu di lakukan survei kedua pada hari Minggu,10 maret 2024. Survei ini di lakukan  untuk melihat sekaligus observasi kondisi yang terjadi di lapangan mengenai pengolahaan limba sambah yang ada disana.

Selanjutnya dilakukan pemantapan proposal dan mengumpulkan nya pada gform pada 16 Maret 2024. Dalam pengerjaan proposal ini tim PPK  sangat di bantu oleh pembimbing yakni ibu drh. Nurul Humaidah, M. Kes serta dukungan dari pengurus UKM Koperasi Mahasiswa Ilham ramadhan Unisma terkhusus oleh saudara M. Faisal candra Suryanto selakuk Ketua umum UKM koperasi Mahasiswa Ilham ramadhan Unisma dan hingga mendapatkan kesempatan untuk presentasi mengenai proposal yang sudah dikerjakan melalui zoom meeting pada tanggal 6 Mei 2024 serta kesempatan terbesar yakni mendapatkan prestasi lolos pendanaan dari Belmawa  Kemdikbudristek yang mana merupakan kebanggaan besar yang diraih kembali UKM Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Malang.

Dalam mencapai goals tim PPK memiliki program yaitu 1.) Launching aplikasi Sembrani, 2.) Edukasi sadar lingkungan terhadap polusi sampah, 3.) Edukasi Ecosochiopreneurship, 4.) Demplot pengolahan sampah menjadi produk bernilai ekonomis, 5. Pendampingan, 6.) Pemilihan Duta Sembrani, 7.) Pembentukan Jejaring dan 8.) Pembentukan Lembaga Graha Sembrani.

Dalam targetnya, tim PPK memiliki target luaran yaitu Mengembangkan Desa sukoanyar menjadi sadar lingkungan serta dapat mengembangkan dari potensi sampah yang dimiliki untuk menjadi pundi-pundi keuangan.

Sebagai Ketua tim PPK Fitri Puji Rahayu mengatakan sangat senang dan tidak menyangka bahwa proposal dapat lolos pendanaan. ” Alhamdulillahirabbil’alamin dan terimakasih kepada dosen pembimbing, tim, ormawa, serta desa yang akan kami tuju karena atas kerjasama, dukungan, dan do’anya sehingga kami bisa lolos dalam program tahap pendanaan PPK Ormawa. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan dedikasi serta kerja keras tim dalam mengatasi permasalahan sampah di Sukoanyar.

Saya yakin program ini memiliki potensi yang besar untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Sukoanyar. Karena ecosociopreunership tidak hanya bertujuan untuk mengolah sampah, tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat dan menciptakan peluang ekonomi baru.

Keberhasilan tim dalam lolos tahap pendanaan PPK Ormawa ini merupakan bukti nyata dari kegigihan dan semangat kita bersama. Saya yakin akan mampu melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Sukoanyar.

Dengan Prestasi yang kami dapatkan ini menunjukkan bahwa UKM Koperasi Mahasiswa Ilham Ramadhan UNISMA dapat bersaing secara nasional. Prestasi ini semoga akan dapat terus di pertahankan dan memunculkan prestasi-prestasi baru UKM Koperasi Mahasiswa yang dapat membanggakan kampus tercinta yakni Universitas Islam Malang.

Perwarta: Muhammad Nasrul Azis, Ketua Bidang Administrasi dan Umum UKM Koperasi Mahasiswa Ilham Ramadhan, Universitas Islam Malang (UNISMA)