March 26, 2023

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

INFORMASI KIP KULIAH MERDEKA 2023

Pembuatan Akun KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 sudah dibuka! Ayo manfaatkan program KIP Kuliah Merdeka untuk meraih cita-citamu.

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka memerlukan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan posel (alamat email). Pastikan NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2023 valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), KemendikbudRistek. Semangat…!

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Syarat KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah 2023 adalah sebagai berikut :

  1. Siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;

Lulusan 2023, 2022 dan 2021 bisa mendaftar KIP Kuliah 2023

  1. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
  3. Belum pernah menerima KIP Kuliah atau Bidikmisi di tahun sebelumnya.
  4. Mendaftar diri secara pribadi dan membuat akun di website kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Tata cara pendaftaran dan jadwal klik link dibawah ini

https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/panduan

Universitas Islam Malang berada di jalur seleksi Mandiri PTS (BELUM DIBUKA!!!)