September 30, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Diklat Lanjut ke XXIII UKM Panorama Photography dengan mengambil materi tentang “PENCAHAYAAN STUDIO (INDOOR) DAN ALAMI (OUTDOOR)”

Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 31 November-1 Desember 2021 Unit Kreativitas Mahasiswa (selanjutnya disebut UKM) yang ada di Universitas Islam Malang (UNISMA) melaksanakan Diklat Lanjut ke XXIII dengan mengambil materi tentang “PENCAHAYAAN STUDIO (INDOOR) DAN ALAMI (OUTDOOR)”. Materi pertama tentang pencahayaan alami dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 November dan materi kedua tentang pecahayaan studio dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Desember.

Kegiatan Diklat Lanjut ini dilakukan melalui dua cara, yaitu secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan secara langsung di lokasi Studio Merahdelima Merjosari, acara ini berlangsung selama dua hari, yang setiap harinya dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB. Sambutan pembukaan dilakukan oleh Muslihul Hadi sebagai Ketua Pelaksana dan Ketua Umum Fatwa Fadhiatul Maula.

Pada Diklat Lanjut ini para peserta mendapatkan 2 materi, pertama tentang Pencahayaan Studio dan kedua tentang Pencahayaan Alami yang disampaikan oleh Ahmad Riza Ubaidillah selaku pemilik Studio. Materi tentang pencahayaan studio yaitu bagaimana mangatur posisi dan intensitas cahaya sehingga dapat menghasilkan foto yang bagus, selain itu juga mengenalkan kepada peserta tentang alat-alat studio. Dan untuk materi tentang pencahayaan alami yaitu bagaimana mengatur posisi model sehingga menghasilkan foto yang bagus dengan cahaya yang ada, selain itu juga mengenalkan peserta macam-macam cahaya alami seperti matahari dan lampu ruangan.

Peserta pada Diklat Lanjut kali ini berjumlah 28 orang, 8 diantaranya dapat hadir secara langsung ke studio, dikarenakan mereka berasal dari Malang dan sekitarnya, sedangkan pengurus sebanyak 14 orang. Peserta yang hadir secara luring dapat langsung mempraktekkan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu peserta bernama Firman yang berasal dari Singosari yang memotret temannya sendiri.

Tujuan diadakannya materi ini ialah agar calon anggota baru bisa lebih mengetahui tantang pencahayaan studio begitu juga alat-alat studio. Dan juga mengetahui pencahayaan alami.

Pewarta Acara: Humas Panorama Photography