August 13, 2022

KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

DIKLAT Ke-IX UKM SENI ISLAMI UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Pada hari Jum’at 3 Juni 2022, UKM Seni Islami Universitas Islam Malang telah melaksanakan kegiatan Diklat Ke-IX UKM Seni Islami dengan tema “Seatap setekad menempa bakat dalam menggapai syafaat”.

Diklat Ke-IX UKM Seni Islami dilakukan secara online via zoom meeting sehingga bisa disebut juga dengan “Diklat Online”. Dalam pelaksanaannya, UKM Seni Islami melakukan kolaborasi dengan beberapa UKM internal Universitas Islam Malang, diantaranya adalah UKM Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadz, UKM Protokoler dan UKM Pagar Nusa. Kolaborasi tersebut dilatar belakangi karena persamaan materi yang disampaikan dan juga pemateri yang menyampaikan.

Pada hari yang sama yaitu Jum’at 3 Juni 2022, seluruh panitia pelaksana dari masing-masing UKM yang terlibat dalam kolaborasi Diklat Online berkumpul bersama di Gedung Unit Kreativitas Mahasiswa Universitas Islam Malang Lantai 2, tepatnya di Camp UKM Seni Islami untuk mengkoordinir pelaksanaan diklat online. Sementara peserta mengikuti diklat secara online via zoom meeting.

Dalam kegiatan diklat ini, UKM yang terlibat mengundang pihak rektorat yakni Wakil Rektor 3 Bapak Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P.  Selain itu UKM Seni Islami juga mengundang Beberapa Jajaran Kepengurusan Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Keagamaan (BAKAK) Universitas Islam Malang, diantaranya adalah Kepala BAKAK yaitu Bapak Dr. M. Yunus, S.Pd., M.Pd, Kabag. Kemahasiswaan yaitu Bapak Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd dan Kasubag. Minat Bakat yaitu Ibu Nur Lailah, S.E.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dari petugas yang sudah di bagi dan dibreafing sebelumnya oleh masing-masing UKM. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat Nuril Anwar dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu ada sambutan dari perwakilan ketua umum UKM yang diwakili oleh Ketua Umum UKM Seni Islami Saudara Ahmad Hilmi. Sambutan kedua disampaikan oleh Wakil Rektor 3 sekaligus membuka acara diklat, namun karena beliau berhalangan hadir, maka diwakilkan oleh Kabag. Kemahasiswaan yaitu Bapak. Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd. Beliau memberikan sambutan dan membuka acara diklat. Setelahnya dilanjutkan dengan penyampaian materi. Ada 2 materi wajib yang disampaikan, yaitu materi Ke-UNISMA-an yang disampaikan oleh Wakil Rektor 3 dan materi Administrasi Kemahasiswaan oleh Kabag. Kemahasiswaan. Dalam penyempaian materi Ke-UNISMA-an juga diwakilkan oleh Kabag. Kemahasiswaan. Selain Wakil Rektor 3, Kepala BAKAK yakni Bapak Dr. M. Yunus, S.Pd. M.Pd juga berhalangan hadir sehingga kegiatan ini hanya dihadiri oleh Kabag. Kemahasiswaan dan Kasubag. Minat bakat saja.

Diklat online ini di ikuti oleh 190 peserta, 40 peserta dari UKM Seni Islami, 86 peserta dari UKM Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadz, 32 dari UKM Pagar Nusa, 32 dari UKM Protokoler dan juga dihadiri oleh ketua umum masing-masing ukm serta petugas yang terlibat dalam kegiatan diklat. Kegiatan ini berlangsung lancar dan berhasil menjadi pintu masuk bagi para peserta untuk menjadi anggota resmi UKM di Universitas Islam Malang.